Senin, 19 September 2016

Pilih Transaksi Online atau Offline?Yuk Simak

Kita tentunya sudah tahu, berbelanja merupakan kegiatan yang dilakukan setiap orang setiap harinya. Belanja juga tidak hanya meliputi kebutuhan kita dalam memperoleh barang dan jasa, kita memperoleh makanan pun tentunya harus melalui kegiatan belanja. Di era digitalisasi ini, kegiatan belanja bisa didapatkan dengan mudah secara online, kebutuhan masyarakat modern saat ini pun beragam, sehingga seiring berkembangnya zaman, alur belanja pun semakin dipermudah secara online.

Namun, perkembangan zaman tidak melumpuhkan kegiatan berbelanja tradisional ataupun offline, karena masih banyak dari kita yang masih meluangkan waktunya untuk berbelanja tradisional ataupun offline. Pada dasarnya pasar tradisional tidak akan lumpuh, selama masih banyak kalangan menengah ke bawah yang masih mempercayakan sepenuhnya pada pasar tradisional, bahkan kalangan menengah-atas pun masih banyak yang menggunakan pasar tradisional sebagai tempat kegiatan berbelanja karena memang dinilai lebih ekonomis, apalagi untuk kalangan menengah ke atas saat ini telah banyak fasilitas pasar tradisional yang tempatnya lebih bersih dan nyaman, seperti pasar segar. Kegiatan belanja offline pun tidak mungkin lumpuh dengan mudah, karena saat ini banyak toko online yang memang berangkat dari toko offline, dimana toko offline masih dibutuhkan juga bagi kita yang ingin melihat barang secara langsung dan memilih lebih banyak model yang tersedia di toko offline

Untuk saat ini, transaksi online dipilih karena lebih menghemat waktu, lebih praktis, dan kita tidak perlu repot untuk berkeliling mencari barang yang kita inginkan, cukup mencari di situs pencarian maupun marketplace, kita bisa mendapatkan barang dengan mudah, sistem pembayarannya pun dilakukan dengan mudah secara online, dan barang akan kita dapatkan dalam bentuk paket yang dikirim melalui jasa pengiriman barang. Tapi, tidak menutup kemungkinan jika beberapa tahun ke depan transaksi online akan menjadi transaksi yang lebih dipilih masyarakat, meskipun pasar tradisional maupun transaksi offline tidak akan mudah lumpuh.

Transaksi online dan offline saat ini masih berjalan beriringan, dimana transaksi online mampu mendongkrak kemajuan toko offline, maka sebagai konsumen yang cerdas kita bisa menggunakan kedua transaksi tersebut secara bijak, dan bagi para pebisnis, usahakan jika memiliki toko offline, tidak ada salahnya jika kita memiliki toko online juga untuk membuat bisnis kita semakin berkembang. Apalagi saat ini, proses bayar-bayar pun sudah dilakukan secara online, seperti bayar tagihan bulanan dan bayar cicilan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar